Ada Celah Firmware di Sejumlah Mac

Perangkat Apple Mac dengan sistem operasi dibawah High Sierra dilaporkan berpotensi terserang malware sama dengan Thunderstrike. Malware ini merupakan serangan seperti masuk ke perangkat melalui port Thunderbolt komputer.

Peneliti dari Duo Security merilis laporan seperti menjelaskan permasalahan potensial terkait komputer desktop Apple tersebut. Duo Security menganalisa 73.324 komputer Mac serta menemukan bahwa secara rata-rata, 4,2 persen perangkat tak menggunakan firmware seperti tak sesuai.

Ada Celah Firmware di Sejumlah Mac

Ketaksesuaian firmware tersebut menyebabkan sistem rentan terhadap serangan siber. Namun menurut perusahaan tersebut, kerentanan tak terlalu berisiko agar bisa pengguna rumahan meski pengguna disarankan agar bisa melakukan update ke firmware terbaru.

Mashable melaporkan, Apple telah merilis update keamanan agar bisa melindungi perangkatnya dari serangan Thunderstrike, namun peneliti menemukan update penting tak selalu diaplikasikan. Pada kasus ekstrem, peneliti menemukan 43 persen sistem dari satu model spesifik tak menggunakan firmware seperti tepat.

Perangkat spesifik tersebut yaitu iMac 21,5 inci seperti dirilis pada akhir tahun 2015. Duo Security menyebut rentang perbedaan antara versi firmware seperti diharapkan agar bisa ditemukan serta telah ditemukan mengejutkan.

Versi terbaru firmware Apple akan secara otomatis melakukan instalasi dengan update sistem operasi lainnya. Duo Security juga merilis alat keamanan agar bisa membantu pengguna memeriksa versi firmware seperti digunakan memiliki kerentanan.

Selain itu, Duo Security merekomendasikan pengguna agar bisa melakukan update ke MacOS versi terbaru. Dalam pernyataannya kepada Ars Technica, Apple menyebut bahwa sistem operasi versi terbarunya, macOS High Sierra, secara otomatis memvalidasi firmware Mac secara mingguan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *