Saat Ini Samsung Galaxy J7+, Termahal Dalam Kelas Menengah

Samsung pertama kali memasang kamera ganda pada Galaxy Note 8. Tak lama kemudian, perusahaan asal Korea Selatan itu membawa kamera ganda pada smartphone kelas menengahnya, Galaxy J7+. Meski memiliki kamera ganda, tentu saja performa keduanya berbeda, mengingat keduanya memang ada di kelas yang berbeda.

Saat Ini Samsung Galaxy J7+, Termahal Dalam Kelas Menengah

Bagaimanakah performa Galaxy J7+?

Desain
Tahun ini, selain kamera ganda, desain bezel-less juga menjadi tren. Tidak melulu smartphone premium yang memiliki desain rangka tipis tersebut, smartphone kelas menengah seperti LG Q6 pun memiliki desain sama. Namun, Samsung tampaknya memutuskan untuk tidak menggunakan Infinity Display miliknya pada Galaxy J7+.

Galaxy J7+ memang memiliki rangka yang cukup tipis pada sisi kanan dan kirinya. Smartphone Samsung yang satu ini masih memiliki bingkai yang cukup tebal di bagian atas dan bawah.

Sama seperti smartphone Samsung lainnya (dengan Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 sebagai pengecualian), di bagian bawah, Anda akan menemukan tombol Home berbentuk lonjong yang diapit oleh dua tombol kapasitif.

Tombol Home ini juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Tombol Power terletak di sebelah kanan sementara tombol volume terdapat di sebelah kiri. Meskipun sudah dilengkapi dengan Bixby, Galaxy J7+ tidak memiliki tombol khusus untuk mengaktifkan asisten virtual buatan Samsung itu. Saya tidak mempermasalahkan itu, mengingat saya tidak sering menggunakan Bixby.

Di bagian belakang, Anda akan menemukan kamera ganda yang terpasang secara vertikal dengan flash di bagian bawahnya. Menurut saya, desain ini membuat Galaxy J7+ terlihat simpel dan elegan, berbeda dengan Galaxy note 8 yang bagian belakangnya terkesan “ramai” karena terdapat dua kamera belakang, sensor detak jantung dan sensor sidik jari.

Di bagian bawah ponsel, Anda akan menemukan port charger di bagian tengah. Samsung masih menggunakan port USB Type-A untuk ponselnya yang satu ini. Sementara itu, port audio terdapat di sebelah kanan port charger. Penggemar Samsung beruntung karena sejauh ini, perusahaan asal Korea Selatan itu tampaknya tidak punya rencana untuk mengikuti tren menghilangkan port audio.

Software & UI
Samsung sudah menggunakan Android 7.1 Nougat untuk Galaxy J7+. Dengan begitu, Anda sudah bisa mengaktifkan fitur multitasking. Anda bisa mengatur besar ukuran window masing-masing aplikasi yang terbuka, meski tidak sebebas multitasking pada Galaxy Note 8.

Galaxy J7+ juga sudah dilengkapi dengan Bixby, asisten virtual buatan Samsung. Karena tidak dilengkapi dengan tombol khusus Bixby, Anda bisa mengaksesnya dengan melakukan swipe ke kanan di halaman paling kiri dari Home.

Namun, fitur Bixby di ponsel ini tidak selengkap Bixby yang ada di Galaxy Note 8 atau Galaxy S8. Melalui Bixby, Anda hanya akan bisa berbagai informasi seperti galeri ponsel, cuaca, berita, dan tempat-tempat terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *