Xiaomi Redmi 5A, Murah Meriah dan Menyenangkan

Xiaomi kian menggencarkan upaya mengukuhkan eksistensinya di berbagai wilayah di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Menjelang pergantian tahun ke 2018, Xiaomi telah mempersiapkan strategi untuk mendukung upayanya tersebut.

Salah satunya dengan menghadirkan Redmi 5A, smartphone untuk pengguna baru dan ditawarkan dengan harga terjangkau. Harga terjangkau tersebut diklaim Xiaomi tidak menyebabkannya melengkapi ponsel ini dengan spesifikasi rendah.

Xiaomi mengklaim telah membekali ponsel tersebut dengan spesifikasi terbaik di kelasnya. Lantas, apa saja yang ditawarkan Redmi 5A tersebut? Baca lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Desain
Hadir di kelas entry level tidak menyebabkan Xiaomi Redmi 5A punya desain seadanya. Walaupun menggunakan bahan plastik, kesan elegan dan mewah tetap dapat ditemukan pada sasis ponsel cerdas ini.

Kesan tersebut hadir berkat dukungan sentuhan metalik pada casis belakang, serta usungan desain unibodi. Namun, desain secara keseluruhan ponsel cerdas ini serupa dengan perangkat lini Redmi lainnya, dengan kesan serupa Redmi 4 yang diperkecil saat digenggam.

Kesan kokoh juga terasa saat menggenggam ponsel cerdas ini, meski mengusung bobot tergolong ringan. Bobot dan ukuran bodi yang tergolong kecil tersebut turut menambah kenyamanan saat digunakan dengan satu tangan, terutama bagi pengguna bertangan kecil.

Pada bagian depan ponsel, Anda akan dapat menemukan kamera depan berdampingan dengan speaker untuk menelepon, dan sensor cahaya sekitar di bagian atas layar. Tombol sentuh kapasitif tiga menu utama tersemat di bagian bawah layar.

Sayangnya, tombol tersebut tidak dibekali dengan pencahayaan backlit, sehingga menyulitkan untuk mengetahui keberadaan tombol saat digunakan pada sejumlah kondisi pencahayaan, kecuali di bawah paparan sinar matahari langsung.

Sementara itu di sisi bawah bodi, Anda akan menemukan mikrofon berdampingan dengan port micro USB. Di sisi atas ponsel terdapat jack audio 3,5mm dan pemancar inframerah yang berfungsi untuk sejumlah fitur, salah satunya adalah remote kendali.

Pada bagian belakang, terdapat kamera berdampingan dengan lampu LED di sudut kiri atas, serta speaker di bagian belakang bawah ponsel. Uniknya, Anda akan menemukan bagian kecil yang menonjol di bawah lubang speaker, ditujukan untuk menjaga bodi ponsel tidak sepenuhnya menempel di permukaan saat diletakan di atas meja atau lainnya.

Antarmuka & Software
Redmi 5A hadir dengan dukungan antarmuka Xiaomi MIUI 9 berbasis Android 7.0 Nougat. Tampilan antarmuka pengguna ponsel cerdas ini tidak jauh berbeda dari versi yang digunakan oleh perangkat pendahulunya.

Antarmuka terbaru karya Xiaomi ini tetap mampu menghadirkan kenyamanan penggunaan berkat kesederhanaan yang disuguhkannya. Tidak hanya sederhana, tampilan antarmuka perangkat ini juga tergolong rapi, dengan aplikasi berikon tergolong besar.

Ponsel cerdas juga dibekali dengan sejumlah aplikasi bawaan Mi, seperti MIUI Forum, Mi Drop, Mi Community, Mi Remote dan sebagainya. Selain dari Xiaomi, ponsel ini juga dibekali aplikasi bawaan pihak ketiga, seperti PicMix dan Caping.

Mengingat Redmi 5A dibekali dengan kapasitas ruang penyimpanan internal tergolong terbatas, Xiaomi menghadirkan kemampuan pada ponsel cerdas ini, memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan yang dinilai tidak dibutuhkan.

Penggunaan MIUI versi terbaru tersebut juga memungkinkan Anda memanfaatkan fitur split screen untuk menampilkan dua aplikasi secara bersamaan. Untuk dapat memanfaatkannya, Anda hanya perlu mengakses menu Recent Apps dan mengetuk ikon bertuliskan split screen di bagian atas layar, dan memilih aplikasi dari daftar di menu tersebut.

Sementara itu, kehadiran aplikasi Mi Remote pada ponsel cerdas karyanya menjadi salah satu pendukung upaya Xiaomi untuk ekosistem produk IoT miliknya di pasar yang dirambah produk smartphone Xiaomi.

Aplikasi Mi Remote tersebut mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan karena mendukung merek peralatan lain selain Xiaomi. Saat dicoba pada sejumlah peralatan bermerek lain, remote tersebut belum dapat seperti semestinya.

Kamera dan Video
Mengusung resolusi 13 MP dengan aperture f/2.2, fitur PDAF dan lampu flash LED, kamera belakang Xiaomi cukup mampu menghadirkan pengalaman memotret via smartphone yang tergolong menyenangkan.

Sayangnya, kamera kurang mampu menghadirkan hasil foto yang cukup baik pada kondisi pencahayaan redup, akibat gangguan noise yang terlihat pada foto. Hasil foto dengan tampilan warna dan ketajaman yang baik juga kami dapati pada hasil foto di pencahayaan cukup. Hal serupa juga didapati pada hasil foto kamera depan.

Xiaomi kembali menghadirkan fungsi shutter dengan menyentuh layar serupa dengan gestur untuk memilih titik fokus pada obyek yang diinginkan. Fungsi ini mampu menghadirkan kemudahan. Anda tidak perlu menggeser jari dari layar untuk memotret.

Namun, fungsi ini mungkin akan sedikit mengganggu kenyamanan bagi Anda yang sering merasa kali tidak yakin terhadap titik fokus pada obyek foto, dan mengetuk layar untuk menyakinkan fokus sudah benar sebanyak lebih dari satu kali.

Hasil foto dan gestur serupa juga tersedia saat memotret dengan kamera depan beresolusi 5MP. Pada kedua kamera tersebut, Anda juga dapat mengubah tingkat kecerahan foto dengan mengusap ke atas atau ke bawah di area titik fokus yang akan menampilkan tanda panah kecil ke atas dan bawah.

Sementara itu, fitur autofokus ponsel cerdas ini juga membutuhkan waktu lama untuk dapat siap memotret kembali setelah diakses atau setelah memotret. Selain itu, Xiaomi turut membekali kamera belakang dengan fitur Straighten, dari sejumlah fitur lain termasuk Panorama Manual dan Beautify.

Fitur ini hadir sebagai pengganti fitur Grid pada layar menu kamera, bertugas untuk membantu Anda dalam menghasilkan foto dengan garis horison lebih lurus. Hal ini akan sangat berguna bagi pengguna kamera smartphone dengan keluhan kesulitan memotret secara lurus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *