Cara Makeup Bertahan Lebih Lama

Punya wajah berminyak memang membutuhkan perhatian ekstra. Sering kali, wajah berminyak membuat tampilan makeup jadi terlihat kurang prima. Mulai dari produk yang tak membaur dengan sempurna, hingga tampilan riasan lekas luntur.

Cara Makeup Bertahan Lebih Lama

Lupakan Ariel NOAH, Begini Tampilan Mantan Istri dan Putrinya yang Makin Cantik
Meski demikian, memiliki kulit berminyak bukanlah sebuah keburukan. Itu sebab wanita dengan kulit berminyak cenderung minim garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, kulit mereka juga selalu lembap. Hanya saja, untuk proses pengaplikasian makeup membutuhkan trik tersendiri.

Walau begitu, bukan berarti pemilik kulit berminyak tak bisa merias wajah sama sekali. Ini cuma masalah pengetahuan jenis produk dan makeup yang baik untuk jenis kulit berminyak. Berikut sederet tips sederhana yang dapat kamu ikuti untuk membuat riasan makeup bertahan lebih lama.

Bersihkan Wajah dengan Benar

Proses pembersihan wajah sangat penting bagi kulit berminyak. Pastikan kamu membersihkan wajah dengan benar di pagi hari. Gunakan pembersih yang mengandung setaknya 2 persen asam salisilat. Asam salisilat membantu memecah dan menghilangkan minyak dari kulit, tanpa membuat kulit kering. Begitu juga pada T-zone yang berminyak.

Gunakan Pelembap Bebas Minyak
Ilustrasi spons makeup
Ilustrasi spons makeup (iStockphoto)​
Kulit berminyak juga membutuhkan pelembap. Jika kamu tak menjaga kelembapan kulit, otomatis kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak. Jangan lupa gunakan pelembap bertekstur ringan, bebas minyak, dan tak creamy. Biarkan pelembap terserap lebih dulu pada kulit baru kemudian proses pengaplikasian makeup dapat dilakukan.

Gunakan Bedak Sebelum Foundation

Mungkin anehnya kedengarannya, tetapi membubuhkan sedikit bedak tabur sebelum menerapkan foundation akan membantu mengurangi kadar minyak berlebih untuk waktu yang lama. Bedak tabur akan membantu mengisi pori-pori di kulit dan juga mencegah keluarnya minyak berlebih.

Jangan Gunakan Concealer pada Kelopak Mata
Ilustrasi spons makeup
Ilustrasi spons makeup (iStockphoto)​
kamu yang memiliki kulit berminyak harus menghindari penggunaan concealer pada kelopak mata, sebab ini akan membuat bekas lipatan pada mata tampak jelas dan tak terlihat bagus. Sebaliknya, gunakan eye primer yang akan membantu menyerap lemak. Concealer hanya akan menyamakan warna kulit, tetapi tak akan membantu menjaga riasan eyeshadow bertahan lama.

Gunakan Foundation yang Tepat

Memilih foundation yang tepat dan cocok untuk kulit berminyak akan membuat riasan bertahan sepanjang hari. Pilihlah foundation matte bebas minyak. Aplikasikan dengan kuas atau sponge agar merata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *