Polwan Berkebaya Diterjunkan Menyambut Hari Kartini

Suasana berbeda terlihat di area perlintasan simpang Jatinegara, Jakarta Timur hari ini. Beberapa polisi wanita (Polwan) yang mengatur arus lalu lintas bekerja menggunakan balutan kebaya.

Polwan Berkebaya Diterjunkan Menyambut Hari Kartini

Anggota Polsek Cakung Bripda Diah mengatakan aksi tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Kartini. Tak hanya itu, peristiwa yang terjadi setahun sekali ini sebagai simbol kesamarataan gender.

“Ini untuk menyambut Hari Kartini yang berlangsung besok, 21 April. Kami ingin menunjukkan kesetaraan perempuan di era kekinian,” kata Diah, di Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat, 20 April 2018.

Menurut dia, saat ini kesetaraan gender di Indonesia sudah menunjukkan kemajuan yang baik, utamaya di bidang pekerjaan. Perempuan sudah bisa memilih bekerja sesuai keahlian dan kemampuan masing-masing.

Di kepolisian, contoh dia, peluang perempuan untuk karier terbuka lebar. Hal itu tak lepas dari peran Kepolisian Republik Indonesia yang sudah berbenah.

“Banyak perempuan kini sudah bisa jadi kapolres atau kapolsek. Pimpinan kami menyetarakan peran perempuan dan laki-laki dalam melakukan pekerjaan dan tugas,” kata dia.

Sambil bertugas mengatur lalu lintas, para petugas perempuan ini juga menindak beberapa pengendara motor yang melangar lalu lintas. Beberapa pengendara yang kedapatan tidak menggunakan pelindung kepala, diberikan helm secara gratis dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *