Romahurmuziy Berangkatkan Umrah Pemenang MTQ Tingkat SLTA

Ketua Dewan Pembina Yayasan Wakaf Qur’an Indonesia (YWQI) M Romahurmuziy akan memberangkatkan pemenang MTQ Nasional tingkat SLTA yang digelar yayasan itu.

“Total hadiah yang diperebutkan Rp100 juta dengan hadiah utama umrah bagi juara I putra dan putri,” kata Ketua YWQI Achmad Baidowi seperti dilansir Antara, Jumat, 20 April 2018.

Selain itu ada juga trofi dari Menteri Agama RI, Ketua Dewan Pembina YWQI, dan anggota Wantimpres. “Lomba ini sengaja menyasar segmen siswa SLTA untuk memasyaratkan seni baca Alquran sejak remaja. Harapannya akan muncul qari-qariah terbaik di masa mendatang,” kata Baidowi.

Tercatat sebanyak 250 siswa tingkat SLTA dari seluruh Indonesia mendaftar sebagai peserta lomba ini. Teknis kegiatan, para kontestan mengunggah keterampilannya membaca Alquran di Youtube.

“Penggunaan channel Youtube ini untuk menyesuaikan dengan era kekinian,” kata Baidowi yang juga anggota DPR dari Fraksi PPP itu.

Peserta dibagi dalam tujuh zona, yakni Sumatera bagian utara, Sumatera bagian selatan, Jawa I, Jawa II, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali-Nusra-Maluku-Papua. Tiap zona diambil tiga terbaik untuk masuk grand final yang akan digelar di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu, 21 April. Sebanyak 21 peserta tersebut akan unjuk kebolehan di hadapan tiga dewan hakim yang merupakan qari nasional.

Menurut Baidowi, selain aneka perlombaan, salah satu bentuk kegiatan YWQI adalah Gerakan Nasional Wakaf Qur’an (GNWQ), yakni pembagian Alquran yang diinisiasi oleh ketua dewan pembina M Romahurmuziy.

Sejak resmi berdiri 2016, GNWQ sudah mendistribusikan sekitar 100 ribu mushaf ke seluruh provinsi, khususnya di daerah Indonesia bagian timur. Penyebarannya melalui aktivis GNWQ di setiap provinsi yang dipadukan dengan bakti sosial bazar sembako murah.

“Embrio kegiatan wakaf ini berawal dari langkah M Romahurmuziy yang melakukan wakaf Alquran sejak 2010. Kemudian kegiatan tersebut diformalkan dengan membentuk yayasan,” ujar Baidowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *