Miris Siswa MTs 12 Jakarta Menggunakan Laptop Pribadi

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 12 Jakarta melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) menggunakan laptop siswa. Pasalnya, komputer di sekolah tidak memadai.

Miris Siswa MTs 12 Jakarta Menggunakan Laptop Pribadi

“Kita tidak menggunakan PC (personal computer), tapi anak-anak menggunakan laptop mereka masing-masing. Jadi, mereka membawa serta menggunakan sendiri laptopnya,” kata Wakil Kepala (Waka) Kurikulum MTs Negeri 12 Jakarta Rif’ah di kantornya, Jalan Haru Raya, Sukabumi Utara, Jakarta Barat, Senin, 23 April 2018.

Rif’ah mengaku sekolahnya hanya memiliki kurang lebih 50 komputer. Namun, untuk penyeragaman, kata dia, sepakat seluruh siswa menggunakan laptop masing-masing.

“Jadi, anak yang tidak memiliki serta memang benar-benar tidak punya, akhirnya kita lakukan sharing dengan temannya. Ketika sesi satu misalnya A, sesi dua B. A tidak punya, misal B punya. Nah, yang B itu kita istilahkan untuk misalnya berbagi dengan temannya A, sebelum atau setelah dia selesai ujian,” ujar Rif’ah.

Meskipun demikian, Guru Matematika ini mengaku murid-muridnya mengerti dengan keadaan ini. “Alhamdulillah mereka bisa memahami kondisi ini,” ujar Rif’ah.

Sementara itu, Panitia penyelenggara UNBK di MTs 12 ini juga menyebutkan ada 219 peserta dari kelas sembilan mengikuti ujian nasional. Para siswa itu, lanjut dua, terbagi menjadi dua sesi dalam empat ruangan yang telah disediakan.

“Untuk sesi pertama ada 110 siswa, jadi ruang A serta B 30 siswa, ruang C serta D 25 siswa. Sesertagkan, sesi kedua ada 109 siswa. Sesi kedua ini ada yang 27 siswa serta ada yang 28 siswa,” ungkap Rif’ah.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut sebanyak 28.647 sekolah tingkat SMP/MTs melaksanakan UNBK. Setidaknya, ada 2.004.947 siswa tingkat SMP serta 689.573 siswa tingkat MTs yang mengikuti UN 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *