Tata Cara Dalam Membersihkan Komedo

Selain jerawat, ada satu lagi gangguan di wajah yang menyebalkan yaitu komedo di hidung. Komedo sendiri merupakan sebuah benjolan (papula) kecil yang ada pada permukaan kulit. Warnanya yang terkadang berubah jadi kehitaman inilah yang bisa mengganggu cantiknya penampilan wajah. Komedo nampak hitam karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara.

Tata Cara Dalam Membersihkan Komedo

Faktor munculnya komedo :

Seperti yang telah kita ketahui, cara membersihkan komedo juga telah menjamur. Ada yang dengan menggunakan alat dengan cara memencet komedo hingga keluar, adayang menggunakan vacuum cleaner khusus komedo, ada yang menggaruk-garuk sendiri menggunakan kuku jari tangan, ada pula yang menggunakan plester khusus komedo.

Nah, jika Anda tertarik untuk membersihkan komedo menggunakan bahan alami yang minim rasa sakit, berikut adalah caranya seperti yang dirangkum Liputan6.com (15/7).

Cara membersihkan komedo di hidung secara alami
1. Lemon

Lemon
Ilustrasi lemon
Lemon kaya akan vitamin C. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon dapat digunakan sebagai cara membersihkan komedo dengan cara mengoleskan air perasan lemon pada area yang berkomedo dan membiarkannya selama 15 menit.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara membersihkan komedo secara alami. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah lalu diamkan selama 15 menit.

3. Kulit jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi Anda yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Lalu tumbuk kulit jeruk hingga halus. Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Setelahnya oleskan pada area berkomedo yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membersihkan pori-pori.

4. Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah juga, serta dapat membersihkan komedo. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Dengan menghaluskan pepaya lalu menjadikannya sebagai masker selama 30 menit, akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

5. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga komedo tidak muncul. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Kacang kedelai

Kacang kedelai terkenal sebagai sumber protein, tidak hanya protein kacang kadelai juga mengandung vitamin A, B kompleks, E, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Sifatnya sebagai antioksidan dapat menjadi cara mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu, penggunaan masker kacang kedelai secara rutin akan membuat wajah Anda menjadi cerah, tidak berminyak, dan bersih dari komedo.

Cara membersihkan komedo menggunakan masker kacang kedelai :

Rendam kacang kedelai dalam air selama 1 hari.
Kacang kedelai yang telah direndam kemudian dibersihkan dan diblender hingga halus tanpa air.
Oleskan kacang kedelai yang telah diblender hingga halus pada wajah.
Diamkan selama 30 menit.Bersihkan dengan menggunakan air hangat.
7. Lidah buaya

Dengan menggunakan lidah buaya, Anda mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah, serta membersihkan komedo.

Caranya pun mudah saja, dengan mengambil gel lidah buaya yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada kulit area berkomedo. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

8. Putih telur

Terungkap, Ternyata Ini Perbedaan Telur Ayam Cokelat dan Putih
Ilustrasi telur
Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta sebagai cara mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk pada kulit dan tidak menimbulkan komedo karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

9. Madu

Pelembap alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Anda cukup mengambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

10. Garam

Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Umumnya garam digunakan sebagai penambah rasa pada makanan, namun bisa juga Anda gunakan sebagai cara membersihkan komedo. Caranya adalah dengan melarutkan garam pada air panas. Lalu biarkan wajah terhempas uap yang dihasilkan oleh air panas tersebut.

11. Scrub kopi dan gula

Kopi memang lumrah digunakan sebagai minuman begitu juga gula sebagai perasa, namun selain itu gabungan kedua bahan ini dapat digunakan sebagai scrub agar kulit mati pada kulit wajah terangkat sehingga wajah menjadi halus, mulus, dan bersih dari komedo. Caranya adalah dengan membuat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Kemudian tambahkan 1 sdm gula pasir. Sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat sempurna.

12. Tepung gandum

Gunakan tepung gandum sebagai masker untuk membersihkan komedo. Caranya adalah dengan membuat pasta dari tepung gandum lalu oleskan pada area berkomedo. Diamkan selama 15 menit atau hingga kering lalu bilas dengan air hangat.

13. Baking soda

Baking soda berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, mengatur produksi minyak di kulit, dan membantu menjaga kadar pH kulit. Buat pasta dengan menggunakan baking soda lalu oleskan pada wajah secara merata.

14. Pasta gigi

Kebanyakan pasta gigi mengandung fluoride dan mineral yang dapat dipakai sebagai salah satu cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo di wajah. Namun tidak bisa ditampik memang karena pasta gigi merupakan hasil pabrik yang tentu saja terbuat dari bahan kimia dan tidak alami. Oleh karena itu Anda bisa memilih pasta gigi yang menggunakan bahan herbal. Cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo di wajah adalah dengan mengoleskan pasta gigi secara merata pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

15. Air hangat

Air hangat akan membuka pori-pori Anda, sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya. Caranya adalah dengan memasak air dan masukkan dalam wadah, kemudian hadapkan wajah pada wadah. Biarkan uap air panas membuka pori-pori Anda.

Memang adanya komedo bisa merusak tampilan wajah sehingga tidak terlihat maksimal. Oleh karena itu cobalah cara alami di atas sebagai cara menghilangkan komedo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *